Oleh: m31da | 27 Juli 2009

Membaca Cepat Nonsastra

Membaca cepat nonsastra adalah jenis membaca yang dalam waktu singkat kita dapat membaca secara lancar dan dapat memahami isi bacaan secara tepat atau dapat diartikan bahwa membaca cepat merupakan teknik membaca dengan tujuan untuk menemukan dan mendapatkan ide pokok bacaan serta memahami isi bacaan dengan tepat.

Teknik dalam membaca cepat ini biasanya dilakukan tanpa suara, namun dilakukan dalam hati, tanpa membaca keseleruhan bacaan tetapi hanya sekilas. Untuk membaca cepat Anda harus meningkatkan kebiasaan mengulang kalimat yang Anda baca, teruslah Anda membaca tanpa berhenti! Boleh sedikit lambat pada kalimat yang sukar dimengerti, kemudian tangkaplah dalam ingatan Anda , pokok – pokok pikiran dari setiap paragraf yang Anda baca.

Tingkat keberhasilan membaca cepat dinilai dari banyaknya kata yang dapat dibaca ( kecepatan membaca ) dan pemahaman terhadap isi bacaan. Untuk mengenali kemampuan membaca Anda atau mengukur ( kecepatan membaca ) dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut.

Kecepatan membaca = jumlah kata yang dibaca dibagi dengan waktu tempuh baca dalam detik, kali 60.

Jika Anda mampu dengan kecepatan membaca 250 kata per menit, Anda telah memenuhi kemampuan membaca. Agar dapat membaca cepat dengan baik ikutilah petunjuk di bawah ini:

1. Hitunglah jumlah kata dalam teks wacana yang akan dibaca !

Caranya : hitung jumlah kata dalam lima baris atau beberapa baris secara acak, lalu dibagi lima ( yaitu jumlah baris yang Anda hitung ). Hasilnya adalah jumlah rata – rata kata perbaris atau larik. Kemudian hitung semua larik dalam wacana tersebut, lalu dikalikan rata – rata kata perbaris tadi! Hasil perkalian itu menunjukkan jumlah kata yang Anda baca. Misalnya, jumlah kata perbaris 12, jumlah baris ada 46. Maka, perkiraan kata yang Anda baca adalah 552.

2. Tentukan seorang kawan Anda untuk mencatat waktu mulai dan waktu akhir Anda membaca!

3. Bacalah dengan kecepatan membaca yang biasa Anda lakukan!

4. Usahakan mempercepat pandangan mata sehingga dalam waktu yang singkat pandangan mata dapat mencakup deretan kata yang maksimal! Hindarkan kebiasaan represif karena hanya akan memperlambat daya baca!

5. Pusatkan perhatian pada isi teks wacana yang Anda baca ! Janngan terpengaruh oleh perasaan senang atau tidak senang terhadap isi teks yang sedang Anda baca!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: